Pernikahan bukanlah event sederhana bagi banyak pasangan. Banyak pertimbangan yang dilakukan dalam merencanakan penyelenggaraan acara pernikahan. Ada pasangan yang memilih melakukan kegiatan pernikahan di gedung dan juga ada yang memilih menyelenggarakan di rumah saja. Rumah merupakan tempat yang banyak dipilih pasangan untuk menyelenggarakan pernikahan mereka. Artikel dibawah ini akan mengulas tentang beberapa manfaat dan resiko menyelenggarakan pernikahan di rumah.

Manfaat Menggelar Pernikahan di Rumah

Dibandingkan menyelenggarakan pernikahan di gedung, melakukan pernikahan di rumah memberikan manfaat lebih, seperti halnya:

1. Anggaran Pernikahan Lebih Efisien (Murah)

Menyelenggarakan acara pernikahan di rumah tentu lebih murah dibandingkan dengan di gedung. Anda tidak perlu membayar uang sewa gedung, uang keamanan, uang kebersihan ataupun charge untuk penggunaan vendor pernikahan diluar fasilitas gedung. Anda hanya cukup menyewa vendor dekorasi pernikahan yang sesuai dengan konsep pernikahan rumah sesuai impian.

2. Suasana Kekeluargaan yang Tinggi

Tak jarang kegiatan pernikahan yang diselenggarakan di rumah justru banyak mendapatkan dukungan dari keluarga dan para tetangga yang membantu acara dari awal hingga selesai. Suasana yang penuh hangat dan kekeluargaan akan tercipta antara anda, keluarga dan para tetangga. Bahkan sering ditemui, selain jasa wedding organizer, banyak juga tetangga yang membantu tim wedding organizer untuk melaksanakan seluruh desain acara pernikahan sampai selesai.

3. Tidak ada Batasan Waktu Penggunaan Tempat

Melakukan pernikahan di gedung sangat dibatasi oleh waktu. Lama waktu penyelenggaraan acara resepsi di gedung biasanya antara 2-3 jam saja. Batasan waktu yang begitu sempit, tak jarang membuat beberapa tamu undangan tidak bisa menghadiri acara pernikahan karena kesibukan yang dimiliki. Memilih pelaksanaan acara di rumah, tentunya memberikan banyak keleluasaan bagi tamu undangan untuk menghadiri acara pernikahan anda.

4. Bebas Menentukan Tanggal Acara Pernikahan

Tanggal pernikahan yang ditentukan terkadang tidak sesuai dengan ketersediaan gedung. Pasangan bahkan dituntut untuk melakukan pemesanan 2-3 bulan sebelum acara dilakukan. Bahkan ada yang memundurkan atau memajukan jadwal acara pernikahan sebab keterbatasan gedung. Dengan melakukan pernikahan di rumah, pelaksanaan waktu pernikahan bisa sangat fleksible sesuai dengan keinginan setiap pasangan.

Resiko & Cara Mengatasinya

Selain mengetahui beberapa manfaat melaksanakan pernikahan di rumah, baiknya anda juga perlu mengetahui beberapa resikonya dan cara mengatasinya, antara lain:

1. Tempat Sempit

Rumah yang memiliki fungsi sebagai tempat tinggal dimana dihuni hanya beberapa orang saja dalam 1 keluarga tentunya tidak memenuhi standart untuk mengundang banyak tamu pernikahan yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan. Untuk itu, tak jarang solusi pelaksanaan pernikahan di rumah menggunakan area jalan depan rumah. Atau cara lainnya, membatasi jumlah tamu undangan agar pelaksanaan pernikahan di rumah bisa berjalan lancar dan tidak mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar rumah.

2. Tempat Parkir Terbatas

Setiap pasangan yang ingin menikah diharuskan meminta ijin pada tetangga dan ketua RT untuk menyelenggarakan pernikahan di rumah. Selain untuk keperluan pendataan, penginformasian tapi hal itu dilakukan karena kebutuhan menggunakan beberapa area jalan di perumahan yang akan digunakan untuk tempat parkir tamu. Menggunakan jasa keamanan kampung pun sering dibutuhkan untuk menjaga kendaraan para tamu undangan.

3. Masalah Kebersihan

Jika di gedung, tanggungjawab kebersihan sudah diserahkan pada pihak gedung yang sudah dibayar satu paket dengan penyewaan gedung. Namun, berbeda dengan pernikahan dirumah, seluruh tanggungjawab kebersihan adalah tanggungjawab pemilik rumah dan penyelenggara acara. Resiko ini mungkin yang menambah rasa lelah bagi pasangan yang memilih menikah di rumah. Namun, hal itu bisa diselesaikan jikalau seluruh anggota keluarga saling membantu dan juga bisa meminta bantuan petugas kebersihan kampung.

4. Komunikasi dengan Tetangga Sekitar

Kegiatan pernikahan yang berlangsung 1 harian penuh bahkan bisa lebih dari itu jika dilakukan dirumah, mungkin saja mengganggu kenyamanan tetangga rumah. Adanya musik hiburan, kendaraan tamu undangan yang hilir mudik, ataupun kebersihan area lingkungan rumah juga bisa menjadi sebab ketidaknyamanan tersebut. Untuk itu, baiknya ada komunikasi positif dengan para tetangga sebelum menyelenggarakan acara pernikahan di rumah.

Itulah beberapa beberapa manfaat dan resiko yang didapatkan para pasangan yang melakukan pernikahan di rumah. Agar anda bisa mengurangi berbagai resiko buruk dalam menyelenggarakan pernikahan dirumah, pastikan anda membuat perencanaan pernikahan secara matang.

Jika anda membutuhkan bantuan untuk menyelenggarakan pernikahan impian anda di rumah, anda bisa bekerjasama dengan wedding organizer profesional di kota anda.