pernikahan konsep intimate wedding

Intimate Wedding – Merencanakan pernikahan disaat adanya musibah pandemi Covid-19 memang tidaklah mudah. Bahaya Covid-19 yang belum terselesaikan hingga saat ini, membuat setiap pasangan harus berhati-hati agar penularan virus Covid-19 tidak terjadi akibat pesta pernikahan mereka. Banyaknya pembatasan dan peraturan terhadap penyelenggaraan pernikahan membuat beberapa pasangan membatalkan waktu pelaksanaan pernikahan mereka. Namun, tak sedikit pasangan yang tetap menyelenggarakan pernikahan dengan merubah konsep pernikahan impian mereka. Bahkan berdasarkan informasi dari Ekhel Chandra Wijaya selaku External Communications Senior Lead Tokopedia menyebutkan bahwa transaksi kategori wedding meningkat 4 kali lipat selama kuartal kedua 2021. Hal tersebut menunjukkan bahwa jumlah pasangan yang menikah pada saat pandemi Tahun 2021 ini juga semakin meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Salah satu konsep pernikahan yang menjadi trend pilihan pasangan saat pandemi ini yakni konsep intimate wedding yang tak mengurangi kesakralan serta kemeriahan pesta pernikahan. Berikut ini beberapa tips merencanakan pernikahan dengan konsep intimate wedding saat pandemi.

Peraturan Pemerintah terkait Pernikahan Saat Pandemi

Konsep pernikahan dengan intimate wedding adalah konsep pernikahan yang tidak mengundang banyak orang karena mengutamakan adanya prosesi yang lebih sakral, intim, dan hangat. Jumlah tamu undangan dalam konsep tersebut lebih sedikit dimana mengutamakan keluarga dan sahabat dekat saja. Konsep pernikahan ini bukanlah hal yang baru, namun menjadi trend dikarenakan lebih cocok diterapkan pada situasi pandemi ini. Dan konsep pernikahan ini masih sesuai dengan aturan pemerintah dalam mengatur pernikahan saat pandemi Covid-19. Persyaratan pengadaan pernikahaan secara rinci di setiap tempat memang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari aturan PPKM yang diberlakukan tiap wilayah. Namun, pemerintah pusat pun telah menetapkan aturan umumnya dalam dalam Surat Edaran dari Kementerian Agama tentang Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid-19. Pada umumnya aturan pernikahan saat pandemi yakni penerapan protokol kesehatan, pembatasan jumlah tamu undangan serta lama waktu pelaksanaan acara. Setiap pasangan bisa selalu mengupdate aturan pernikahan saat pandemi di wilayah masing-masing.

Tips Menyiapkan Pernikahan Saat Pandemi dengan Konsep Intimate Wedding

Dalam konsep intimate (sedikit tamu) wedding yang semakin trend pada masa pandemi ini memang terlihat sederhana dimana tamu undangan untuk proses akad nikah dibatasi hanya 30 orang saja. Jumlah tamu undangan untuk sesi resepsi pun lebih sedikit dari biasanya kurang lebih 60 orang. Tujuan dari konsep intimate wedding ini tidak lain adalah untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 sekaligus mentaati aturan dari pemerintah. Walaupun terlihat lebih sederhana atau simple, namun mempersiapkan pesta pernikahan bukanlah hal yang mudah. Berikut ini beberapa tips untuk menyiapkan pernikahan saat pandemi agar bisa berjalan lancar;

1. Rencanakan Konsep Pernikahan dengan Matang

Setiap pasangan yang akan menikah pasti memiliki konsep pernikahan impian mereka. Dengan adanya konsep pernikahan yang jelas, akan memudahkan dalam setiap penyiapan penyelenggaraan mulai dari akad nikah hingga pesta pernikahannya. Menentukan konsep pernikahan indoor atau outdoor dengan gaya modern atau tradisional maupun kontemporer penting dilakukan sebelum menyiapkan segala perangkat teknis serta menentukan berbagai vendor pernikahan.

2. Kumpulkan Referensi secara Online atau Daring

Dengan terbatasnya waktu serta situasi pandemi dimana menuntut adanya pengurangan tingkat mobilitas diluar rumah, para pasangan bisa menggunakan teknologi internet atau daring untuk mencari referensi produk atau jasa sesuai kebutuhan konsep pernikahan. Pilihlah referensi dari sumber-sumber terpercaya untuk mendapatkan informasi yang lengkap. Pasangan bisa mengunjungi berbagai halaman website vendor pernikahan ataupun wedding organizer yang menawarkan berbagai produk jasa layanan pernikahan. Setelah itu bisa menghubungi satu persatu penyedia jasa untuk mendapatkan informasi melalui telepon atau whatsapp atau media sosialnya. Lakukan perbandingan dan pertimbangan serta buat alternatif konsep serta vendor pilihan berdasarkan semua data informasi tersebut.

3. Pilih Vendor dan Pahami Syarat serta Ketentuan Layanannya

Vendor untuk pelaksanaan acara pernikahan tidaklah sedikit jenisnya, semakin kompleks konsep pernikahan maka semakin banyak vendor yang dipakai. Pada umumnya vendor pernikahan dibagi dalam dua sesi yakni sesi akad nikah dan sesi pesta pernikahan, bahkan ada juga di sesi lamaran. Adapun vendor yang biasanya dibutuhkan seperti MUA, Catering, Baju Pengantin, Dekorasi, Dokumentasi, Souvenir dan lainnya.

Baca juga: Daftar Vendor Pernikahan Lengkap untuk Pernikahan di Gedung dan Rumah

Sebelum memilih vendor untuk segala keperluan pernikahan, pastikan setiap pasangan untuk menanyakan syarat-syarat ataupun ketentuan kerjasama dengan vendor. Hal utama yang harus diperhatikan dalam situasi pandemi ini yakni terkait ketentuan penundaan atau pembatalan pernikahan yang diakibatkan oleh adanya force majeure. Mengingat fluktuatifnya peningkatan pasien covid-19 yang berdampak pula pada pengetatan aturan pernikahan bisa menjadi pertimbangan dalam klausul kerjasama dengan vendor.

4. Tetapkan Alokasi Anggaran Pernikahan

Konsep pernikahan tak jarang dibatasi oleh jumlah budget atau anggaran pernikahan yang tersedia. Untuk itu, membuat alokasi anggaran pernikahan secara tepat bisa mengurangi resiko dana terduga yang berlebihan. Buat rencana atau alokasi anggaran sesuai dengan konsep pernikahan yang dipilih. Ada banyak alternatif pengalokasian anggaran pernikahan, misalnya dengan mengklasifikan prosentase anggaran sebesar 30% untuk venue dan catering, 20% untuk dokumentasi dan dekorasi, dan 15% untuk tes antigen atau PCR.

5. Bagikan Momen Spesial Pernikahan melalui Platform Digital

Adanya pembatasan jumlah tamu undangan dalam pesta pernikahaan saat pandemi tentunya membuat para pasangan memikirkan alternatif pemecahan untuk berbagi informasi kebahagiaan. Bagi setiap pasangan, kehadiran keluarga, rekan, sahabat, teman dan saudara yang tidak sedikit bisa menjadi penambah kemeriahan acara pesta pernikahan. Namun, dengan situasi pandemi ini, kontak langsung atau pertemuan langsung memang tidak memungkinkan dilakukan dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, pemanfaatan teknologi seperti menggunakan live video streaming dengan aplikasi Zoom, Google Meet, IG Live, Youtube bisa menjadi alternatif menambah kemeriahan acara pernikahan dengan semua rekan atau sahabat yang tidak bisa dihadirkan langsung pada tempat acara.

6. Pastikan Protokol Kesehatan Diterapkan

Penerapan protokol kesehatan sesuai dengan aturan dari pemerintah harus tetap dilakukan dalam pernikahan dalam konsep intimate wedding.  Walaupun yang hadir dalam undangan lebih sedikit, pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan perlu dilakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Setiap pasangan tentu tidak ingin pesta pernikahannya sebagai penyebab penularan Covid-19 pada tamu undangan. Adapun protokol kesehatan yang perlu diingatkan atau dikontrol seperti penggunaan masker, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, dan menjaga jarak. Menyediakan masker dan hand sanitizer di tempat acara serta mengatur jarak tempat duduk juga bisa jadi cara untuk mengajak tamu undangan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Tampil Natural dan Elegan dengan Paket Pernikahan Murah

7. Gunakan Jasa Wedding Organizer untuk Memudahkan

Untuk pasangan yang sulit menyiapkan konsep dan segala kebutuhan untuk acara pernikahan bisa menggunakan jasa wedding organizer profesional. Pastikan memilih wedding organizer yang terpercaya dan telah berpengalaman sehingga seluruh penyelenggaraan acara pernikahan bisa berjalan lancar. Pastikan alamat kantornya jelas, portofolionya banyak dan baiknya juga melihat berbagai review klien yang pernah menggunakan jasa tersebut. Pasangan bisa mencari informasi tentang jasa wedding organizer baik melalui website, instagram ataupun media sosial lainnya. Kesalahan memilih wedding organizer bisa berdampak pada gagalnya acara pernikahan. Bahkan telah ada beberapa kasus calon pengantin gagal menyelenggarakan pesta pernikahan karena ditipu wedding organizer abal-abal.  

Itulah beberapa informasi mengenai tips menyelenggarakan pernikahan saat pandemi dengan konsep intimate wedding. Anda juga bisa menyelenggarakan pernikahan dengan konsep lain yang diimpikan namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Semoga informasi ini bermanfaat buat seluruh pasangan yang merencanakan pernikahan impian.

Untuk memudahkan segala persiapan pernikahan serta penyelenggaran pesta pernikahan, Anda bisa bekerjasama dengan tim wedding organizer dari Khaela Wedding. Dapatkan berbagai paket layanan serta promo layanan pernikahan dari Khaela Wedding. Hubungi admin khaelawedding.com untuk mendapatkan informasi paket dan promo lengkap. Salam Bahagia.